{Rerupa}

Rerupa Blog | Created By Www.BestTheme.Net

10 Buku Non-Fiksi Berpengaruh dalam Perjalanan Pemikiran Saya

Posted by Rerupa

Setelah Berhasil menyusun daftar 10 karya fiksi  yang berkesan, saya tertantang untuk mewujudkan impian membuat daftar buku paling berpengaruh dalam perjalanan pemikiran saya


1. Ecce Homo - Nietzsche
Berawal dari jalan-jalan di toko buku baru di kota saya ketika itu, saya tertarik dengan buku ini. Keliaran berpikir pun mulai berbenih dalam diri saya.

2. Theory of Literature -Rene Wellek dan Austin Warren
Buku tua ini mengusik keingintahuan saya tentang kajian kesusastraan meski kemudian guru saya mengatakan buku ini out of date dan sesat, tapi saya merasa akan sangat tersesat bila saya tak pernah membacanya sebelum kenal yang lain.

3. Mythologies - Roland Barthes
Satu minggu saya jatuh bangun berusaha memahami pikiran Barthes di buku ini, tidur hanya 2-3 jam sehari dan menangis sendiri karena susah paham ketika itu. Tanda memang menggelisahkan :)

4. Semiotika - ST. Sunardi
Buku ini sangat membantu saya memahami pikiran Barthes. Semiotika menjadi menyenangkan dipelajari bagi saya.

5. The Postmodern Fiction - Brian Mchale
Saya butuh 8-10 bulan untuk khatam buku ini agar agak paham isinya dan bisa menulis tugas akhir.

6.  Of Grammatology - Derrida
tak tuntas, bagian-bagian tertentu dengan bantuan beberapa sumber, pikiran Derrida sungguh mempengaruhi saya membingkai pikir.

7. Power/Knowledge - Mitchel Foucault
Setali tiga uang dengan buku Derrida pengaruhnya pada saya.

8.The Postmodern Condition - Lyotard
Saya berterimakasih pada Lyotard

9. The Social Construction of Reality- Peter Berger dan Thomas Luckman
Ceritanya tentang zona, konsep 'here and now' mencerahkan saya

10. Beyond Imagination - Faruk HT
Last but not least, buku ini sangat menginspirasi saya dalam menulis dan membuat kritik sastra.

Leave a Reply